Pages

manajemen lingkungan kampus unhas

BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
Permasalahan lingkungan menjadi salah satu hal yang paling utama dan paling diperhatikan dalam beberapa tahun belakangan ini. Setiap elemen masyarakat mulai menyadari bahwa Bumi memang tidak sedang dalam keadaan baik, harus melakukan tindakan untuk menyelamatkan Bumi kita bersama. Kata “hijau” atau “green” telah menjadi sebuah trend baru dalam setiap keseharian manusia sekarang ini. Aspek lingkungan pun menjadi salah satu acuan dasar dalam setiap proses pembangunan.
Perguruan tinggi merupakan tempat dimana para terpelajar dididik dan didewasakan agar dapat memberi solusi dalam suatu permasalahan bangsa. Tingkat kemajuan suatu Negara dapat dilihat dari kualitas perguruan tingginya. Oleh karena itu, sudah seharusnya sebuah perguruan tinggi menjadi ujung tombak terdepan dalam menyelesaikan suatu permasalahan bangsa, termasuk permasalahan lingkungan. Olehnya UNIVERSITAS HASANUDDIN harusnya menjadi pelopor dan role model bagi kampus-kampus lain di Indonesia sebagai kampus yang menerapkan seluruh unsur ramah lingkungan dalam setiap aspeknya.
Namun lepas dari itu semua masih banyak hal yang perlu di benahi untuk mewujudkan kampus yang benar-benar ramah terhadap lingkungann. Melalui uraian singkat ini penulis memaparkan beberapa aspek manajemen lingkungan kampus yang sudah baik dan masih perlu di perbaiki dengan mengambil sampel di dua fakultas yaitu fakultas pertanian dan fakultas ilmu kelautan dan perikanan(FIKP) yang juga masih merupakan tempat penulis menuntut ilmu pengetahuan.




BAB II
PEMBAHASAN

Universitas Hasanuddin merupakan salah satu peguruan tinggi di Sulawesi selatan ,merupakan tempat dimana para terpelajar dididik dan didewasakan agar dapat memberi solusi dalam suatu permasalahan bangsa termasuk permasalahan lingkungan. Berikut ini adalah manajemen lingkungan di universitas Hasanuddin dengan mengambil fakultas ilmu kelautan dan perikanan(FIKP) serta fakultas pertanian sebagai sampel.

A.FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN
Manajemen lingkungan yang sudah baik
1. Memadainya tempat pembuangan sampah di setiap sudut ruangan di fakultas
2. Akses internet yang cukup baik memunkingkan civitas akademik dapat mengakses informasi teraktual dengan cepat, termasuk masalah lingkungan.
3. Banyaknya vegetasi tumbuhan hijau di lingkungan Fakultas yang dapat mengurangi pencemaran dan kebisingan sehingga memberikan rasa nyaman bagi mahasiwa maupun dosen demi kelancaran proses belajar mengajar.











Manajemen lingkungan yang kurang baik

No MASALAH PENYEBAB SOLUSI
1 Tempat parkir yang semwrawut Luas lahan untuk parkir kendaraan sempit, ditambah lagi tidak adanya satpam/security yang menjaga/mengatur tempat parkir Penambahan lahan parkir dan pengadaan satuan pengamanan/ security
2 Masih banyaknya sampah yang berserakah di dalam dan di luar ruangan Kurangnya kesadaran civitas akademik meski tempat sampah telah ada di setiap sudut fakultas termasuk depan ruangan kuliah Pengadaan slogan /ajakan untuk menjaga lingkungan
3 Terhambatnya kegitan praktikum di laboratorium Kurang dan tidak memadainnya sarana dan prasarana di laboratorium ditambah lagi banyaknya peralatan yang mengalami kerusakan Pengadaan dan perbaikan sarana dan prsarana laboratorium demi kelancaran kegiatan praktik.
4 Kondisi wc yang kotor Tidak mengalirnya air dari pihak univesitas Pembuatan sumur bor fakultas sebagai alternative jika air tidak mengalir dari pihak fakultas
5 Pudarnya(SILAU) cahaya LCD di dalam ruangan khusunya ppada siang hari sehingga menggangu kegiatan belajar mengajar Gorden yang berwarna terang/ tembus cahaya sehingga cahaya matahari masuk dan menyebabkan silau Penggantian gorden menjadi warna gelap
6 Papan pengumuman/madding yang semrawut Terbatasnya papan pengumuman di tambah lagi tidak adanya petugas/mahasiswa yang mengatur papan pengumuman. Penambahan/ perbaikan papan pengumuman dan pengadaan petugas mading.

B. FAKULTAS PERTANIAN
Manajemen lingkungan yang sudah baik

1. Greenhouse dan pemanfaatan lahan di depan fakultas dijadikan tempat praktek/penelitian bagi mahasiswa maupun dosen sehinngga dapat lebih efektif dan efisien
2. Banyaknya slogan maupun himbauan-himbauan untuk menjaga lingkungan dan alam sekitar yang cukup efektif di berbagai sudut fakultas.
3. Memadainya tempat pembuangan sampah di setiap ruangan
4. Akses internet yang cukup baik memunkingkan mahasiswa dapat mengakses informasi teraktual dengan cepat, termasuk linkungan
















Manajemen lingkungan yang kurang baik

no MASALAH PENYEBAB SOLUSI
1 Tempat parkir yang semwrawut Luas lahan untuk parkir kendaraan sempit, ditambah lagi tidak adanya satpam/security yang menjaga/mengatur tempat parkir Penambahan lahan parker dan pengadaan satuan pengamanan/ security
2 Jalanan berlubang dan terdapat banyak genangan terutama di bagian UKM pertanian Tidak adanya perbaikan jalan, meskipun ada itu masih belum cukup dan berjalan lambat Perberiaan bantuan dana dari pihak universitas untuk percepatan perbaikan Jalan.
3 Terhambatnya kegitan praktikum di laboratorium maupun di bengkel latih Kurang dan tidak memadainnya sarana dan prasarana di laboratorium maupun di bengkel latih ditambah lagi banyaknya peralatan yang mengalami kerusakan Pengadaan dan perbaikan sarana dan prsarana laboratorium dan bengkel latih demi kelancaran kegiatan praktik.







SKEMA/DIAGRAM MANAJEMEN LINGKUNGAN KAMPUS










Beberapa hal yang perlu di manajemen
1. Kebijakan atau peraturan rektorat dalam penegasan hal-hal yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan hidup
2. Perilaku seluruh civitas akademika terkait kesadaran terhadap permasalahan lingkungan,
3. Sarana dan prasarana (fasilitas fisik) penunjang hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan, seperti manajemen sampah, air dll











PENUTUP

Kesimpulan
Berdasarkan sampel yang di dapat di fakultas pertanian dan fakultas ilmu kelautan dan perikanan (FIKP) UNIVERSITAS HASANUDDIN dapat disimpulkan bahwa pada lingkungan kampus masih banyak hal yang perlu di benahi untuk mewujudkan kampus yang benar-benar ramah terhadap lingkungan.

Saran
Sebaiknya kampus UNHAS harus berbenah dengan memenenej semua aspek terkait lingkungan termasuk manajemen air, listrik, agar menjadi pelopor dan role model bagi kampus-kampus lain di Indonesia sebagai kampus yang menerapkan seluruh unsur ramah lingkungan dalam setiap aspeknya.

0 komentar:

Poskan Komentar