Pages

ikan pelagis

Ikan pelagis umumnya hidup di daerah neritik dan membentuk schooling . Ikan Pelagis ini umumnya merupakan filter feeder, yaitu jenis ikan pemakan plankton dengan jalan menyaring plankton yang masuk untuk memilih jenis plankton yang disukainya ditandai oleh adana tapis insang yang banyak dan halus.
Pada siang hari ikan pelagis kecil berada di dasar perairan membentuk gerombolan yang padat dan kompak (shoal), sedangkan pada malam hari naik ke permukaan membentuk gerombolan yang menyebar (scatted). Ikan juga dapat muncul ke permukaan pada siang hari, apabila cuaca mendung disertai hujan gerimis. Adanya kecendrungan bergelombol berdasarkan kelompok ukuran dan berupaya mengikuti makanannya.
Ikan pelagis (pelagic fish) disebut juga ikan berminyak adalah ikan yang memiliki minyak di jaringan tubuh mereka dan dalam rongga perut di sekitar usus. fillet mereka mengandung hingga 30 persen minyak, meskipun angka ini bervariasi baik di dalam dan antar spesies.
Ikan pelagis merupakan sumber yang baik untuk Vitamin A dan D serta asam lemak yang kaya 3 omega yang bermanfaat antara lain omega 3 asam lemak dalam minyak ikan dapat membantu penderita depresi, mengurangi kemungkinan penyakit jantung memperbaiki kondisi peradangan seperti arthritis.
Sumberdaya ikan pelagis dibagi berdasarkan ukuran, yaitu Ikan Pelagis Besar dan ikan pelagis kecil.
Ikan pelagis kecil biasa berada di tubiran karang dan selalu berpindah tempat. Ditangkap dengan alat penangkap berupa jaring, seperti jaring insang, jaring lingkar, pukat cincin, payang, bagan, pukat tepi dan pakaya. Adapun contoh dari ikan pelagis kecil misalnya : teri, lemuru, tembang, japuh, kembung..
Ikan pelagis besar biasanya dapat ditemukan dekat terumbu karang atau tubiran dimana arus hangat dekat perairan pantai, juga ditemukan di laut terbuka dengan suhu yang berubah ubah, bahkan ada beberapa ikan pelagis besar di terumbu yang dalam. ditangkap dengan teknik memancing: pancing trolling atau tonda.Adapun contoh dari Ikan pelagis besar seperti. Ikan tuna, cakalang dan cucut.

0 komentar:

Posting Komentar