Pages

Kampung halaman

Aku lahir di sebuah kampung kecil yang terletak di ujung selatan kabupaten bone berjarak sekitar 200 km dari kota watampone. Nama Kampung ini Palattae dan sekarang telah menjadi ibukota kecamatan kahu dan di kenal dengan nama kelurahan pallattae.
Kecamatan ini berbatasan langsung dengan beberapa kecamatan diantaranya di bagian timur berbatasan dengan kecamatan Salomekko, di bagian utara dengan kecamatan Patimpeng, di bagian barat dengan kecamatan Lappariaja dan di bagian selatan dengan kecamatan Bontocani dan kecamatan Kajuara yang juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Sinjai.
Pada wilayah Kecamatan kahu juga terdapat juga pengunungan dan perbukitan yang dari celah-celahnya terdapat aliran sungai. Beberapa desa yang dialiri sungai seperti desa pasaka,cammilo, labuaja,cakella,carima,cenrana,dan di kelurahan palattae sendiri mengalir sungai kecil yang berhunbungan dengan sungai di kecamatan libureng.
Secara sosial ekonomi. Sebagian besar warga di kecamatan ini menggantungkan hidup dengan bertani dan berkebun meski masyarakat di kelurahan palattae kebanyakan berkerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di berbagai instansi di daerah ini. Hasil pertanian dan perkebunan masyarakat ini selain untuk di komsumsi juga umumnya di jual di pasar palattae yang terletak di pusat kota berdekatan dengan lapangan sepakbola kelurahan palattae.
Kabar terbaru, dari pemekaran kabupaten bone selatan mengingat potensi dari sisi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia di daerah ini sangat layak untuk dimekarkan. Tapi sekali lagi wacana pemekaran mungking hanya pemekaran sehingga perlu di kaji lebih dalam bahwa pemekaran ini bukan merupakan kemauan dari pihak tertentu yang menginginkan profit tapi murni dari masyaratkat itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar